10. Metafor Hubungan Antardosen

Apa yang ada di benak kita ketika membaca judul bab ini? Sebagian dari kita akan dengan berkelakar bahwa “hubungannya baik-baik saja”, sebagian yang lain, bisa jadi berpikir lebih jauh.

Seorang sahabat sangat menikmati suasana hubungan antardosen yang terjalin selama ini. Dia menganggap jurusan adalah sebuah keluarga besar yang memberikannya semangat.

Seorang kolega dan senior dari perguruan tinggi lain bercerita bahwa Pak A tidak aktif di dalam kampus tetapi menjadi “dosen luar biasa” (alias, biasa di luar kampus, sibuk mengerjakan proyek pribadinya), Pak B sangat produktif, Pak C dan D sudah profesor, dan Pak E minggu lalu baru pindah rumah (Lah, apa hubungannya?). Kolega lain mengisahkan, bahwa masalah pemilihan dekan beberapa waktu yang lalu, telah menjadikan Pak Z tidak begitu suka dengan Pak X. Seakan-akan apa yang dilakukan Pak X selalu salah di mata Pak Z.

Potongan cerita di atas, nampaknya bukan cerita asing bagi sebagian dosen, dan bahkan dianggap sebagai sesuatu yang lumrah. Jangan buru-buru menyimpulkan kalau cerita di atas hanya ditemukan dalam setting kampus di Indonesia. Ternyata tidak sangat sulit untuk menemukan cerita serupa di banyak kampus luar negeri.

Tidak jarang konflik antardosen, misalnya, sampai menganggu pengerjaan penelitian seorang mahasiswa yang sedang dibimbing oleh dosen-dosen yang sedang berkonflik tersebut.

Saya mengidentifikasi beberapa metafor yang bisa digunakan untuk menjelaskan fenomena hubungan antardosen. Silakan klik pada tautan subbab di sebelah kiri (10.1-10.4) atau di bawah ini:

10.1 Suami-Istri

10.2 Orangtua-Anak

10.3 Juragan-Babu

10.4 Tom-Jerry

Catatan: Bab ini terinspirasi oleh komentar seorang sahabat, Bapak Risdiyono di tembok Facebook saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s