10.4 Tom-Jerry

Bagaimana kalau konflik yang hebat terjadi antardosen yang masih sebaya? Nampaknya metafor hubungan antara Tom (si kucing) dan Jerry (si tikus) dalam serial kartun Warner and Brothers dapat menjelaskan.

Jika Anda penikmat film kartun ini, Anda akan mendapatkan kisah lucu hubungan yang tidak harmonis antara Tom dan Jerry. Mereka tidak selamanya bertengkar, tetapi ketika mereka berbaik hati, biasanya dilandasi dengan niat yang salah. Untuk menjebak atau sejenisnya.

Hubungan seperti ini biasanya terjadi ketika dosen tidak dapat mengendalikan dirinya dan lupa dengan tugas pokoknya. Waktu dan energinya dihabiskan untuk sesuatu yang sangat tidak berkualitas, yaitu melanggengkan konflik.

Cerita pembuka pada bab ini memberikan ilustrasi bahwa hubungan antara Tom dan Jerry kadang terjadi di dunia nyata. Tidak jarang bahkan konflik antardosen yang biasanya muncul karena politik kantor meluas menjadi konflik antarkelompom dosen, dan tidak jarang mahasiswa juga diprovokasi untuk terlibat dengan memberikan informasi asimetri yang berat sebelah. Tidak sulit menemukan kasus di lapangan untuk membuktikan.

Menurut cerita dan pengalaman yang penulis dapatkan, ada satu hal yang membedakan antara kasus konflik antardosen di Indonesia dan luar negeri, tanpa bermaksud melakukan generalisasi. Jika konflik terjadi, dosen di kampus luar negeri masih menjalankan tugasnya secara profesional. Seorang profesor sebuah kampus ternama di Eropa bahkan dengan terbuka mengatakan di depan jamuan makan malam, “Memang kami ada masalah, tapi kami mempunyai alasan masing-masing”. Dua dosen yang berkonflik pada saat itu duduk berseberangan. Mereka masih mengedepankan logika dalam memandang konflik.

Nampaknya, fragmen seperti tadi sangat sulit ditemukan di Indonesia. Banyak dosen yang “melarikan diri” menjadi “dosen luar biasa”, karena merasa tidak diakomodasi keinginan dan kebutuhannya. Tidak jarang juga, penulis temui, konflik seakan-akan akan dibawa sampai liang kubur (seperti ilustrasi pembuka bab), tanpa ada keinginan untuk menyelesaikannya.

One thought on “10.4 Tom-Jerry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s