Pengantar

Banyak pemikiran dan ide yang tertulis dalam buku kecil ini, yang tidak murni dari saya. Beberapa masih terlacak sumbernya dan saya tuliskan langsung dalam teks atau dalam referensi, sedang beberapa lain tidak terlacak. Terima kasih kepada siapapun yang merasa pemikiran atau idenya tercuri. Meskipun sebenarnya, pemikiran atau ide itu tidak pernah hilang secuilpun.

Beberapa bagian buku ini saya tulis di atas kereta api, di bandara ketika menunggu pesawat, dan di atas pesawat. Beberapa bagian lain, saya tulis ketika sedang nyantrik menjadi mahasiswa doktoral di University of Agder, Norwegia, sambil menikmati musim dingin di akhir 2010.

Sebelum Anda melanjutkan membaca buku kecil ini, jika yang Anda inginkan adalah uraian ilmiah dengan standar tinggi, maka Anda tidak akan menemukannya. Buku ini lebih sebagai catatan refleksi perjalanan sebagai seorang dosen selama belasan tahun yang dikemas dengan renyah tanpa meninggalkan unsur ilmiah. Buku ini berisi ocehan, pendapat, keinginan, harapan, dan mungkin obsesi. Cerita dan ilustrasi ringan di dalamnya diharapkan menambah kerenyahan buku ini.

Jika Anda ingin melanjutkan membaca, sangat mungkin dalam beberapa bagian, Anda akan merasakan hal yang sama dengan yang saya rasakan, namun dalam bagian lain, hati Anda berkata, “no way!“, atau tidak setuju atau mungkin hanya tersenyum simpul. Jika Anda siap mengantisipasi hal ini, mari melanjutkan perjalanan bersama saya.

Alhamdulillah. Semoga buku kecil ini bermanfaat. Selamat membaca!

Kristiansand, Norwegia, Desember 2010

Fathul Wahid

PS: Masih punya waktu membaca? Sila kunjungi blog saya yang lain di sini dan di sini.

8 thoughts on “Pengantar

  1. Apik tulisannya Mas Wahid.. Piye kabare? Insya Allah tetap istiqomah ya menjalankan profesi mulia ini.. Sukses selalu…

    • Nuwun doanya Mas. Alhamdulillah kabar baik Mas. Bagi-bagi tugas Mas, njenengan di perusahaan, saya di kampus. Salam untuk keluarga.

  2. Pak fatkhul, ijin nge-print nggih pak. biar bisa dibaca enak🙂
    pakai kaca mata pak, jadi kalau baca lama di leppi pusing🙂. sekalian dokumentasi hardcopy aja hehehe,..

    nuwun pak,..🙂

  3. salam, pak fathul wahid. tulisan yang sangat menarik pak. menjadi refleksi untuk diri saya. mohon ijinnya untuk saya share link tulisan ini pada akun facebook saya. semoga bisa bermanfaat bagi yang lain dan semoga bisa bersilaturahmi dikampus pak.

  4. Pak Wahid, saya mohon pertolongannya mungkin anda memiliki akses terhadap rekan yang bernama Lili Diana Setiawati, SE. Saya ada perlu sama beliau. Mohon diinformasikan email dsb nya tentang beliau itu. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s