4.1 Persepsi terhadap Mahasiswa

Mengajar adalah salah satu aktivitas dosen. Dalam mengajar, dosen akan berinteraksi dengan mahasiswa. Mahasiswa adalah aspiran dengan keinginan kuat untuk belajar. Cara pandang kita terhadap mahasiswa akan sangat mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan mahasiswa.

Tidak jarang, dosen sudah mempunyai penilaian yang kurang pas terhadap mahasiswa dan cenderung menyepelekan. Cara pandang yang kurang menaruh kepercayaan kepada mahasiswa ini dapat berbuntut panjang. Rasa kepercayaan kepada mahasiswa harus dimunculkan ketika berinteraksi. Tanpanya, jangan harapkan mahasiswa akan percaya kepada dosen.

Jika kita ingin orang lain percaya dengan kita, pertama kali kita harus menunjukkan bahwa kita percaya kepada mereka. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk percaya kepada kita, jika kita tidak percaya dengannya. Hanya dengan inilah, hubungan yang baik dapat diberikan fondasi yang kuat. Karenanya, pertama, kita harus mempercayai mahasiswa.

Kedua, mahasiswa harus dihormati. Tentu saja penghormatan di sini tidak berarti mlempem atau munduk-munduk.  Semangat yang dikembangkan adalah saling menghormati. Mahasiswa menghormati dosen, misalnya dengan mengerjakan tugas secara jujur, mengumpulkan tugas pada waktunya, masuk kelas tepat waktu, mengikuti perkuliahan dengan sepenuh hati, dan mengingatkan dosen dengan baik ketika dosen salah atau lupa, dan belajar sebelum mengikuti kelas. Dosen, sebaliknya, menghormati mahasiswa dengan mempersiapkan kuliah dengan baik, masuk kelas tepat waktu, mengoreksi tugas mahasiswa, memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mahasiswa, mengingatkan mahasiswa yang salah dengan baik, dan memperlakukan semua mahasiswa dengan adil.

Ketiga, bimbinglah mahasiswa. Pengetahuan awal mahasiswa tidaklah sama. Latar belakang mereka sangat beragam. Ada mahasiswa yang dengan penjelasan singkat di kelas sudah cukup paham, ada mahasiswa yang dengan penjelasan khusus untuk memahami materi. Beberapa mahasiswa bahkan dengan pengetahuan awal yang jauh melebihi kawan-kawannya di kelas. Hal ini menjadi tantangan yang lebih, terutama di perguruan tinggi di mana disparitas kualitas input sangat besar.

Perbedaan ini seringkali mengharuskan dosen memberikan bimbingan yang berbeda kepada mahasiswa. Tentu saja, sangat mungkin waktu dan energi yang dimiliki dosen tidak bisa mengakomodasi kasus personal setiap mahasiswa. Namun, dengan kesadaran ini, minimal toleransi terhadap perbedaan setiap mahasiswa dapat lebih dimengerti.

Saya sangat senang ketika seorang kolega senior dari jurusan tetangga menceritakan bahwa ada beberapa orangtua mahasiswa yang mengatakan kepadanya bahwa mereka puas dengan bimbingan yang diberikan oleh dosen pembimbing di jurusan saya. Kolega saya meneruskan penilaian para orangtua mahasiswa yang mengapreasi para kolega saya di jurusan yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar dan menunjukkan bagaimana harus menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bukankah pujian yang diberikan orang lain kepada kita, tidak di depan kita, lebih jujur? Jauh dari kesan mengada-ada atau menjilat.

One thought on “4.1 Persepsi terhadap Mahasiswa

  1. Assalamu’alaikum Wr.Wb Terimakasih atas tulisannya Pak Fathul, menarik, bagus, dan mudah dipahami, tapi menurut saya pada dasarnya Guru atau Dosen itu sama cuma beda di Strata atau tingkatannya. Tapi maaf sebelumnya saya merasa tulisan ini baru mengenal, setelah saya lama mengenal dan merasakan sebelum tulisan ini dimuat.(Nafas saya lima detik sempat terhenti untuk meneteskan air mata mengingat dan merasakan peristiwa yang pernah saya alami). Apakah ini awal kegagalan saya!!!!! Alhamdulillah Allah S.W.T memberikan jalan lain yang menurut saya lebih mudah walau berat. Alhamdulillah posisi saya sekarang menjadi Penanggung Jawab Operasional di Dua Klinik Kesehatan dan berhubungan langsung dengan bpjs kesehatan. Sekarang saya punya dua anak yang masih berumur belia. Bisnis sampingan saya usaha grosir dan Alhamdulillah sudah punya Empat orang karyawan.”Jadi saya menyimpulkan bahwa Kegagalan bukan akhir dari ke Suksesan”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s