5.2 Proses

Hubungan dosen-mahasiswa dapat juga dilihat sebagai sebuah proses pembelajaran. Di sini, dosen dapat membantu mahasiswa bertransformasi ketika mendapatkan pandangan atau perspektif baru dari dosen. Saya masih ingat dalam lembar motto salah satu mahasiswa bimbingan saya, tertulis “Tidak ada yang tidak mungkin.” Dan, kutipan tersebut berasal dari pembimbingnya yang menyemangatinya ketika dia hampir putus asa dan bahkan mau mengganti judul tugas akhir. Mahasiswa bertransformasi setelah mendapatkan perspektif baru. Peran dosen di sini adalah mentor atau pelatih.

Hubungan seperti ini akan sangat baik jika mahasiswa akan meneruskan karir di bidang akademik karena hubungan ini sangat membantu membuat fondasi yang kuat dalam penelitian mahasiswa setelah lulus, karena mahasiswa telah melalui proses pembelajaran dan bertransformasi. Risikonya adalah bahwa tidak semua mahasiswa cocok menjadi akademisi, sehingga mahasiswa akan resisten dengan bimbingan yang diberikan oleh dosen.

1 thought on “5.2 Proses

  1. Iya pak… baru kemarin saya bimbingan thesis,.. dosen saya bilang,.

    “kamu yang semangat ya yul ya??”

    dengan mengepalkan tangan 🙂

Leave a reply to yuli Cancel reply