5.4 Perjalanan

Metafor perjalanan ini berfokus pada keunikan setiap mahasiswa dan setiap penelitian. Inovasi dapat berlangsung sepanjang waktu. Dosen di sini berperan sebagai penunjuk jalan atau guide, yang memberikan gambaran awal tujuan perjalanan dan langkah-langkah yang mungkin diambil. Sebagai musafir, mahasiswa harus melakukan eksplorasi secara mandiri. Perjalanan dapat berlangsung sukses jika mahasiswa dapat memilih trek yang benar, namun juga bisa gagal karena memilih trek yang salah. Trek salah dan benar agak sulit dideteksi di awal karena sifat perjalanan yang bertujuan untuk eksplorasi.

Manfaat hubungan model ini adalah topik penelitian dapat adaptif, namun lingkup penelitian berisiko untuk berkembang. Bahkan menurut Baskerville dan Russo, pada suatu saat, dosen dan mahasiswa akan sampai pada suatu titik di mana bagi mereka “perjalanan lebih mengasyikkan dibandingkan sampai ke tujuan”, terutama ketika banyak hal menarik ditemukan selama perjalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s