Bio

Fathul Wahid terlahir dari keluarga sederhana di Jepara. Pendidikan S1 diselesaikan di Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung pada 1997. Sejak akhir 1997, bergabung dengan Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Pendidikan S2 dan S3 di bidang Sistem Informasi diselesaikan di University of Agder, Norwegia.

Karena merasa masih harus terus belajar dan membangun jaringan, aktif melakukan publikasi dan mengikuti kegiatan akademik. Artikelnya antara lain telah dimuat di Communications of the Association for Information Systems, The Electronic Journal on Information Systems in Developing Countries, Information Development, International Information & Library Review, Entrepreneurship and Regional DevelopmentThe International Journal of Entrepreneurship and Innovation, International Journal of Information and Communication Technology, dan Transforming Government: People, Process and Policy.

Beberapa tulisannya juga dipresentasikan dalam beragam konferensi nasional seperti Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) dan Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI); serta konferensi internasional seperti Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), European Conference on Information Systems (ECIS), ICST International Conference on eDemocracy, IFIP WG 9.4 International Conference on Social Implications of Computers in Developing Countries, dan IFIP WG 8.5 eGovernment Conference. Beberapa tulisannya juga telah diterbitkan dalam Lecture Notes oleh Springer.

Kalau senggang, kadang mengurusi peliharaannya yang lain di http://publikasiinternasional.wordpress.com, http://ranahriset.wordpress.com, dan http://fathulwahid.wordpress.com. Kalau Anda mempunyai waktu senggang, silakan mampir.😉

16 thoughts on “Bio

  1. Pingback: Pengantar | Tentang menjadi dosen

  2. Assalamu’alaikum
    Pak, saya mahasiswa UII angkatan 1998,dulu bapak pernah ngajar saya mata kuliah alpro, sekarang saya menjadi dosen juga di Riau, blogbook ini akan sangat bermanfaat bagi saya, banyak tantangan yang saya temui saat ini, yang saya pelajari adalah menjadi pendidik itu tidak boleh berhenti untuk belajar….belajar….dan belajar trus ilmunya di sharing…sharing…dan sharing…. sekarang saya lagi S2 di UII.

  3. Wa’alaikumussalam Mbak Ana. Ikut senang ‘mendengarnya’. Sukses ya untuk S2-nya, dan … tetap semangat!😉

  4. Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Salam Kenal pak…. saat ini saya bekerja disalah satu instansi Pemerintah, S1 jur Ekonomi dan S2 jur agribisnis, saya ingin sekali menjadi dosen…. Mohon saran dan masukan Bapak… Terimaksih….

    • Wa’alaikumussalam Mbak Lili. Salam kenal juga. Menjadi dosen atau aktif di lembaga lain bagi saya adalah pembagian peran Mbak. Semuanya baik selama dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Kalau ukuran saya pribadi sederhana Mbak. Lakukan apa yang menurut kita nyaman dan memberikan kebahagiaan. Bismillah, insya Allah akan ada jalan.

  5. Assalammualaikum mas, salam kenal ya mas Wahid, nama saya deden, saya dosen di salah satu PTS di bandung, saya ada rencana ambil S3 dalam waktu dekat, bidangnya di eGov, kalo mas nggak keberatan bisa kasih masukan dan share ke saya, tentang bidang tersebut. thanks ya mas

    • Wa’alaikumussam Mas Deden. Salam kenal juga. Balasan sudah saya kirim ke e-mail.🙂

  6. Assalamu Alaikum Wr. Wb,
    Salam kenal Pak, Saya guru dan dosen honorer di salah satu PTS di jakarta. Kedepan saya mau fokus jadi dosen.Saya lagi study lanjut S2 tapi tdk linear, lalu meskipun berat secara biaya, akhirnya saya daftar s2 yang linear, apa sebaiknya saya menyelesaikan study s2 rangkap atau pilih salah satu saja dengan segala resikonya. Perkenankan mohon saran dan masukan bapak. Terimakasih…(koesbijac@gmail.com)

  7. Assalamu Alaikum Wr. Wb,
    Salam kenal Pak, saya guru dan dosen disalah satu STMIK di Medan-Sumatera Utara. Sekarang ini saya sedang melanjutkan study S2 saya. Blogbook ini sangat menginspirasi saya, untuk mengembangkan inspirasi saya dalam mengajar. Semoga bapak berkenan membagi ilmu dalam mengembangkan semangat kekreatifan dalam mengajar dan memupuknya agar selalu tetap teguh.

    • as.wr.wb..salam hangat pa? saya sanagt terispirasi membaca artikel yg bapa utarakan diatas,mengenai indahnya jadi pengajar,,dst. rencana saya mau melanjutkan ke S2, yg ingin saya tanyakan,untuk tahun ajaran 2013 mata pelajaran TIK mau dihapus,apakah saya harus melanjutkan S2 yg beda atau Linier pak.untuk kedepannya.terimakasih

  8. assalamualaikum pak wahid, saya siswa SMA di Kudus, cita cita saya menjadi dosen ekonomi. tetapi saya lihat orang tua saya tidak mampu. saya mau minta saran apakah saya harus mundur dari cita cita itu. dan di S2 S3 apakah ada beasiswa pak?

    • Waalaikumussalam Mbak Intan, Jaga cita-citanya Mbak. Insya Allah ada jalan. Beasiswa banyak asal kita layak menerimanya. Saya sudah nyambi kerja waktu S1. Saya S2 dan S3 pun dengan beasiswa.

  9. Assalamualaikum wr. wb. pak Wahid, saya sangat bersyukur bisa membaca artikel2 bapak tentang menjadi dosen ini. terima kasih pa,,semoga bapak sehat2 dan selalu dalam lindungan-Nya,,amiin

  10. Assalammu’alaikum, Wr.Wb….Salam kenal pak. Di bulan yang mulia ini, saya sangat berharap dan berdoa semoga amal ibadah kita diterima disisi-Nya. Pak, mengenai tulisan yang bapak tulis di blog https://menjadidosen.wordpress.com membuat saya terinspirasi, untuk mengkaji dan menginstropeksi diri sudah sejauh mana saya bertugas sebagai pendidik meskipun saya masih tenaga honorer. Trima kasih atas tulisannya pak. Mohon doa dan sarannya pak.untuk bisa menjadi yang lebih baik dan terbaik. Smoga bapak dan keluarga dalam keadaan sehat dan sukses selalu. Aamiin ya Allah. Wasslaam

  11. Assalamualaikum pak salam kenal saya yelmi, mhs tingkat akhri S1, sebelumny saya tdk prnh tertarik menjadi seorang pengajar, karena bakat saya diperkantoran, akan tetapi sekarang ini didalam hati kecil saya saya mau menjadi seorang dosen, apalagi setelah membaca blogsederhana yang bapak bagikan diinternet, menambah kejelasan dari niat saya pak. untuk memuai menetapkan niat untuk focus menjadi dosen dan persiapan menjadi dosen itu apa ya pak. mohon share wawasannya pak. yelmiarlis@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s